Oleh: Sudarto (Dosen PGSD FIP Universitas Negeri Makassar)
Kemampuan guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bone dalam mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Sains dalam lima tahun terakhir menunjukkan perkembangan, namun masih menghadapi tantangan terutama terkait latar belakang pendidikan guru yang beragam. Banyak guru mengampu mata pelajaran IPA meski latar belakang pendidikannya bukan dari bidang IPA, sehingga penguasaan konsep dan metode pembelajaran IPA-nya masih kurang.
Untuk mengatasi hal ini, pelatihan guru yang dipimpin oleh dosen IPA, terutama dosen bergelar doktor dari bidang IPA atau pendidikan IPA, sangatlah penting. Pelatihan tersebut tidak hanya bertujuan meningkatkan penguasaan materi IPA secara mendalam, tetapi juga membekali guru dengan strategi pembelajaran IPA yang tepat sesuai perkembangan ilmu dan teknologi pendidikan saat ini.
Pelatihan berkelanjutan oleh para dosen doktor IPA sangat dibutuhkan agar guru SD Bone tidak hanya mengajar berdasarkan pengalaman, tetapi benar-benar menguasai ilmu IPA yang diajarkan sehingga dapat membekali ilmu alam yang tepat kepada siswa sekaligus menjawab tantangan kurikulum dan kebutuhan peserta didik yang semakin kompleks.
Salah satu kunci peningkatan kualitas pengajaran IPA adalah penguasaan keterampilan proses IPA oleh guru. Keterampilan ini mencakup kemampuan mengamati, mengklasifikasi, mengukur, mengomunikasikan, menyimpulkan, memprediksi, menginterpretasikan data, serta merancang dan melaksanakan percobaan dalam pembelajaran. Dengan keterampilan ini, guru dapat membimbing siswa belajar IPA secara aktif, kritis, dan aplikatif sehingga pemahaman serta hasil belajar meningkat secara signifikan.
Berbagai program pelatihan yang terselenggara telah memberikan hasil positif, meningkatkan kompetensi guru terutama dalam merancang bahan ajar IPA sesuai kebutuhan siswa dan perkembangan sains. Namun, perlu dukungan berkelanjutan dari pemerintah daerah dengan didampingi tim ahli IPA untuk memperluas jangkauan dan intensitas pelatihan semacam ini, dengan fokus utama penguasaan materi IPA yang mendalam dan pengajaran IPA yang efektif.
Dengan peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan intensif bersama ahli IPA, masa depan pendidikan IPA di Bone akan semakin cerah, menyiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan global dan mampu mengembangkan diri secara ilmiah sehingga siswa-siswa kelak semakin mampu berkiprah dalam mengembangkan peradaban.(*)
Posting Komentar untuk "Dosen IPA Berupaya Meningkatkan Kemampuan IPA dan Mengajarkan IPA Guru SD Bone Melalui Pelatihan Intensif"